728x90 AdSpace

Latest Post

Selasa, 03 September 2013

Album Cover Artwork



Mungkin di tutorial Photoshop kali ini, teknik dan hasil hampir menyerupai GPP atau Digisketch tapi kalau boleh saya katakan, tutorial atau efek Album Cover Artwork ini lebih terinspirasi dari Album Cover-nyaThe Cranberries yang berjudul "Roses" ,bagaimana bentuknya, bisa teman-teman cari lewat Google Search atau Yahoo. Haha…

Ok, tanpa banyak panjang nan lebar lagi, inilah :
Tutorial Membuat Album Cover Art

saya akan menggunakan image atau foto dari Marilyn Manson.

Gambar : Marilyn Manson

Kenapa Marilyn Manson? Alasannya tidak ada hubungannya sama sekali dengan grafis, lebih pada saya menyukai musiknya… Hahaha… Yang perlu diperhatikan adalah resolusi dari image yang akan kita gunakan, karena akan berpengaruh besar pada hasil akhir, saya rasa teman-teman sudah mengerti apa itu resolusi dan yang mana resolusi yang bagus dan tidak, karena saya tidak akan menjelaskannya di sini, yang jelas, kamera Handphone yang beresolusi di bawah 2 MPx dengan DPI 72, itu buruk menurut saya.

Catatan : Jangan menggunakan Image di atas, karena sudah saya resize untuk ukuran web.

Langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Tentu saja membuka foto tersebut dengan Photoshop, disini saya menggunakan Photoshop CS 4, tidak berpengaruh sama sekali jika teman-teman menggunakan Versi lain. Setelah itu, tekan Ctrl+L (Level) lalu pilih auto kemudian klik OK, ini sedikit penting setiap editing menurut saya, untuk menyesuaikan Brightness, Contras & Color-nya.

2. Tekan Ctrl+J (Layer Via Copy) atau bisa menggunakan Duplicate Layer, sama saja menurut saya.

3. Melalui langkah kedua tadi, kita mendapatkan dua Layer yang sama, layer Background ditujukan untuk backup saja, kembali ke layer 1, pilih menu Image >> Adjustments >> Black & White, maka akan muncul Windows seperti pada gambar di bawah ini.

Gambar : Setting "Black and White"


Atur-atur saja sesuka hati, yang perlu diperhatikan adalah Red dan Yellow, karena kedua warna ini berpengaruh besar pada warna kulit pada foto. Usahakan image menjadi seperti pada gambar di bawah ini.

Gambar : Marilyn Manson dalam hitam putih

4. Kemudian tekan lagi Ctrl+J maka aka nada Layer baru bernama “Layer 1 Copy”, lalu klik Filter >> Stylize >> Glowing Edge, atur sesuai keinginan, perhatikan pada garis-garis yang tercipta kira-kira sudah mencukupi untuk seperti coretan pensil kemudian tekan ok, kira-kira seperti gambar di bawah ini.

Gambar : Glowing Edge Filter

Masih di Layer yang sama, tekan Ctrl+I (Invert), image tersebut akan berbalik warna, dimana putih menjadi hitam dan sebaliknya.

Gambar : Cover Album invert

5. Lalu pilih Brush Tool, klik kanan pada layer lalu pilih Soft Round Brushes, terserah ukurannya, pilih warna putih pada Foreground color, turunkan Opacity menjadi 75% lalu sapukan pada bagian yang dirasa tidak perlu.

Gambar : Opacity Turun

Kita hanya memerlukan texture yang ada di bagian wajah dan sedikit di sekitar luar wajah, seperti gambar di atas.

6. Singkat cerita, klik Eraser Tool lalu klik kanan pada layer, pilih Brush Chalk

Gambar : Brush Chalk

7. Kemudian pilih menu Windows >> Brushes, set seperti pada gambar di bawah ini.

Gambar : Setting Brush

Shape Dynamics, Size Jitter = 100% Angle Jitter 55%, lalu pindah ke Scattering, set seperti pada gambar di bawah ini. Scatter = 153%, count = 2

Gambar : Scattering

8. Ubah Opacity dari Eraser Tool tadi menjadi 15%.

Gambar : Eraser Tool Opacity

Hapus sesuai keinginan, lihat pada gambar di bawah ini.

Gambar : Cover Art White

Yang perlu diperhatikan adalah, bahwa Eraser Tool dengan Opacity 15% tidak akan menghapus semua warna putih, tidak seperti ketika 100%, maka titik beratkan penghapusan pada bagian wajah yang lebih gelap, seperti pada gambar di atas.

10. Setelah setelah langkah nomor 9 selesai dan dirasa sudah sesuai keinginan, lalu seleksi semua Layer yang ada, kemudian Merge Layers dengan menekan Ctrl+E. setelah itu, Googling atau gunakanGoogle Service dan carilah image dengan Keyword Old Paper sesuai dengan keinginan. Saya akan menggunakan image di bawah ini.

Gambar : Old Paper

Drag image Old Paper ini ke Image Marilyn Manson, kemudian ubah Blending Modenya menjadi Multiply, kurangi Opacitynya menjadi 50% seperti pada gambar di bawah ini.

Gambar : Blending Mode

Kurang lebih image terakhir akan menjadi seperti gambar di bawah ini.

Gambar : Album Artwork Soft

11. Buat New Layer dengan menekan Ctrl+Shift+N. Pilih Brush Tool, klik kanan pada layer pilih Chalk Brushes, lalu set seperti pada langkah nomor 7 untuk Shape Dynamics dan Scattering-nya, ubah Opacity Brush menjadi 10% atau 8%, pilih warna sesuka hati, sapukan pada bagian yang berwarna hitam, acak sesuai keinginan. Lihat gambar di bawah ini.

Gambar : Hasil Brush Artwork

12. Setelah dirasa cukup, ubah Blending Mode dari layer tersebut menjadi Color Dodge.

Gambar : Hasil Akhir Album Cover Artwork
Jreng-jreng… Selesai….

Dan begitulah kiranya tutorial ini, semoga menjadi sebuah ilmu yang bermanfaat bagi saya dan teman-teman semua… Hehehe… Dan berikut adalah foto orang terlanjur ganteng permanen sejagad raya… Wakakakak…..

Gambar : My Album Artwork

Bukan sombong tapi… Demi Kiaaaaaan!!! Brak! BRak! Brack!! (Gebrak Monitor 3x)!… Kalau bukan saya, siapa lagi yang akan menyebut saya ganteng? Bahkan ibu saya belum pernah mengatakan bahwasanya saya ganteng… Menyedihkan… Hati saya terkoyak karenanya…

Catatan lagi : Hasil akhir dari apa yang teman-teman coba melalui tutorial ini tidaklah sangat penting, yang saya atau web owner mau pada khususnya dan mungkin para penulis lain pada umumnya dari apa yang saya dan mereka tulis untuk ilmugrafis.com adalah pembelajaran fungsi dari tools yang berada di dalam software-software yang kita gunakan di sini. Harapan saya dari tutorial-tutorial yang saya buat adalah, teman-teman mampu mengenal fungsi-fungsi tools dari setiap tutorial yang saya buat, jadi dengan seperti itu, teman-teman sekalian mampu mengembangkan efek-efek pada photoshop khususnya, lalu membagikan kembangan itu pada saya atau teman-teman yang lainnya, agar tidak terasa monotone Photoshop itu… Hehehe… Jadi, kembangkan dan temukan efek baru dari efek-efek yang pernah ada… Tetap semangat, semoga bermanfaat dan MERDEKA!!!!
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Album Cover Artwork Description: Rating: 5 Reviewed By: Unknown
Scroll to Top